Jika Terjadi Perang Dunia ke-3, Inilah 10 Negara yang Disebut Paling Aman, Indonesia Termasuk?

Jika Terjadi Perang Dunia ke-3, Inilah 10 Negara yang Disebut Paling Aman, Indonesia Termasuk?
Jika Rusia merespon Amerika Serikat, banyak memprediksi bakal pecah perang dunia ke-3 

Beberapa waktu lalu, Presiden Amerika Serikat baru saja mengumumkan sesuatu yang sangat kontroversial.

Trump memberikan pengakuan kepada Yerussalem sebagai ibu kota Israel.Kebijakan ini dianggap kontroversial, karena bisa memicu di kawasan Timur Tengah.

Kemarin juga, Donald Trump memerintahkan militer dan sekutunya, Inggris dan Prancis melakukan serangan terhadap Suriah. Saat serangan terjadi, Rusia pun ikut merespon untuk membantu Suriah. Sehingga sudah mulai tampak adu kekuatan senjata-senjata canggih. Tidak hanya Timur Tengah, jika konflik itu terus meluas, maka bukan tidak mungkin Perang Dunia ke-3 bisa saja terjadi.Sejumlah negara akan masuk ke dalam berbagai kubu dalam perang itu.

Kondisi, dan tatanan dunia pun akan menjadi tidak menentu. Sebab, masih ada sejumlah negara yang terbilang masih aman untuk ditinggali. Itu seperti sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Daftar Populer, September 2017. Akun itu menyebut setidaknya ada 10 negara yang bisa disebut aman saat terjadinya Perang Dunia ketiga.

1. Swiss

Selama ini Swiss memang dikenal sebagai sebuah negara yang relatif tenang. Lokasinya yang dikelilingi pegunungan, membuatnya relatif aman. Selain itu, Swiss juga memiliki tradisi mengambil posisi netral dalam setiap perang besar.

2. Tuvalu

Lokasinya teramat jauh di tengah Samudera Pasifik.  Meski demikian, di negara ini memiliki bahan makanan yang melimpah. Jumlah penduduk yang kecil, membuat negara ini kurang diperhitungkan dalam konflik militer dengan negara manapun.

3. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara yang berkembang di dunia. Lokasinya yang terletak di bagian selatan, dan cukup terpencil, membuatnya relatif aman dari berbagai ancaman militer.

4. Bhutan

Negara ini dikelilingi Pegunungan Himalaya. Hal itu membuat negara ini memiliki benteng alami. Terlebih, Bhutan selalu mengambil sikap netral dalam urusan konflik dunia.

5. Chili

Chili terletak di Amerika Selatan. Riwayat negara ini juga tak memiliki sejarah kelam soal perang.Sehingga, membuat negara ini relatif stabil.

6. Islandia

Islandia terletak di belahan bumi utara. Negara ini menempati urutan pertama pada daftar indeks perdamaian global 2016. Islandia juga merupakan negara netral, dan tidak berbagi berbatasan dengan negara manapun.

7. Denmark

Denmark sebenarnya merupakan anggota Pakta Militer NATO. Namun, ada satu wilayah di Denmark yang dianggap aman saat perang terjadi. Yaitu, wilayah Greenland. Alasannya, lokasi tersebut cukup terpencil.

8. Malta

Menilik pada sejarah, sejumlah negara pada masa lampau selalu menemui kegagalan untuk menganeksasi wilayah tersebut. Wilayah yang kecil, membuat segala perang yang kemungkinan terjadi negara itu menjadi sia-sia.

9. Repulik Irlandia

Negara ini cukup netral.  Dia tidak terlibat dalam konstelasi politik dari negara manapun. Sehingga, membuatnya bisa tetap aman andaikata konflik antar negara di dunia memanas.

10. Fiji

Negara ini terletak di lokasi yang cukup terpencil. Yaitu, di Samudera Pasifik. Netralitas negara ini membuat posisinya aman andaikata perang dunia ketiga terjadi. Sedangkan, untuk Indonesia masih belum bisa dianggap cukup aman. Meski demikian, Indonesia bisa menerapkan sejumlah langkah agar negaranya tetap aman. Misalnya tetap bersikap netral, dan ikut berperan aktif menghentikan terjadinya perang tersebut.

 

 

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Jika Terjadi Perang Dunia ke-3, Inilah 10 Negara yang Disebut Paling Aman, Indonesia Termasuk?, http://medan.tribunnews.com/2018/04/17/jika-terjadi-perang-dunia-ke-3-inilah-10-negara-yang-disebut-paling-aman-indonesia-termasuk?page=4. Editor: Abdi Tumanggor

Mungkin Anda juga menyukai