Definisikan Sasaran Tembak secara Jelas

Oleh : Muhammad Anis Matta,Lc
(Disampaikan di Jawa Timur, 2013)

Ikhwah, untuk mendapatkan kemenangan meskipun dengan lawan yang berat adalah, definiskanlah sasaran tembak Antum semuanya secara jelas. Pada saat kaum muslimin menghadapi perang Qadisiyyah, kaum muslimin mendapatkan lawan yang belum pernah dihadapi sebelumnya yaitu pasukan bergajah.
Saat perang dimulai, pasukan kuda kaum muslimin porak-poranda diinjak-injak oleh gajah. Akhirnya korban dari kaum muslimin sangat banyak. Akhirnya kaum muslimin mundur dan menyusun kembali setrategi perangnya.
Pasukan muslim sempat kebingungan, bukan hanya gajahnya besar, tapi jumlahnya sangat banyak. Bagaimana cara berhadapan dengan gajah ini? Pasukan muslim berdiskusi terus-menerus di bawah komandan Saad bin Abi Waqash. Hingga lelah mereka berdiskusi mencari cara, sampai pada akhirnya mereka menemukan bahwa kelemahan gajah berada pada matanya.
Setelah tahu di mana kelemahan gajah, yaitu di matanya, maka pasukan muslimin mengambil kesimpulan, bahwa yang maju berperang bukanlah pasukan kuda, yang di perlukan adalah pasukan panah.
Keesokan harinya perang kembali dimulai, pasukan panah mulai membidik mata gajah, setelah kena matanya gaja berputar-putar berbalik, mengamuk yang diserang adalah tuannya sendiri. Inilah yang menjadi kunci kemenangan kaum muslimin di perang Qadisiyyah ini.
Sekarang tugas Antum, coba Antum pikirkan, agar “gajah” di hadapan Antum, bisa berbalik melawan tuannya sendiri.

Mungkin Anda juga menyukai