Jangan Menampilkan Keragu-raguan

Oleh : Muhammad Anis Matta, Lc
(Disampaikan di Jawa Timur, 2013)

Pada saat di depan kita terdapat halangan dan rintangan yang tinggi, maka yang harus kita lakukan adalah, menyampaikan pesan kepada lawan-lawan kita, bahwa kita bisa melewatinya. Munculkan tekad yang kita miliki, sehingga mereka tidak melihat kita dalam keragu-raguan. Tekad itu harus menyebar, aura kemenangan itu harus menyebar, karena itu yang akan menakutkan.
Saat perang Qinnasyrin di Palestina, pasukan muslimin dihadapkan pada benteng yang besar dan tinggi. Tidak ada pasukan muslim yang bisa melewatinya. Dikepung berhari-hari tanpa memberikan hasil. Pada akhirnya hinga terjadi perundingan.
Di dalam perundingan itu, Khalid di hadapan para pendeta disuguhkan untuknya segelas air. Khalid tahu bahwa air di dalam geras ini beracun. Namun Khalid tidak ingin terlihat gentar di hadapan musuhnya. Dengan membaca doa, air ini pun diminumnya. Wajah Khalid memerah, namun sesaat setelah itu kembali seperti biasa. Keberanian Khalid ini menggetarkan mental para pendeta, “Orang ini diracun pun tidak bisa mati!” Akhirnya mereka pun menyerah.
Tekad seperti itu harus sampai kepada orang, bagaimana caranya sampai, pastikan semua orang yang bertemu dengan Antum semuanya mendapatkan keyakinan itu di dalam sorot mata Antum semuanya. Jangan sampai ada sorot keraguan di mata Antum semuanya.

Mungkin Anda juga menyukai