Kisah Syeikh Mahmud Kholil al Husory

Kholil adalah seorang yang berprofesi sebagai pembuat tikar, setiap dia menemui mushola yang tidak ada tikar, atau jerami, ia bergegas menuju musola tersebut dan meletakkan tikar yang baru. Pada saat itu memang tempat sholat hanya beralaskan tikar.
Pengalaman mimpi aneh!!
Suatu hari beliau bermimpi melihat tulang punggungnya berbentuk menjadi pohon anggur, dan orang berbondong bondong datang untuk makan dari daun anggur tersebut (di Mesir ada jenis masakan yg terbuat daun anggur), anehnya tidak habis habis.
Mimpi nya terjadi berulang kali, hingga ia pergi menghadap ke seorang Syeikh dan mengisahkan mimpi tersebut. Lalu Syeikh bertanya kepadanya apakah ia punya keturunan ..?
“Aku punya putra bernama Mahmud, usianya 2 th”
Syeikh berkata : “Masukkan anakmu ke Al Azhar, agar belajar ilmu Agama, suatu saat dia akan menjadi orang penting ..”
Kemudian ayahnya (Kholil)  menyekolahkan ke al Azhar, usia 8 tahun ia berhasil menghafal Alquran 30 juz, dan menjadi orang pertama di dunia yg memiliki rekaman tilawah Qur’an dengan riwayat _Hafsh ‘An’ Ashim_, dan menolak untuk mengambil upah atas itu. Dan Alloh Membalas pahala atasnya dengan menjadikan (amal suaranya) diterima oleh penjuru dunia..
Th 1961 : Orang pertama yg memiliki rekaman tilawah riwayat _Hafsh ‘an’ Ashim_
Th 1961: orang pertama yg memiliki rekaman tilawah riwayat _Warsy ‘an’ Nafi’_
Th 1968 : orang pertama yg memiliki rekaman tilawah riwayat _Qolun dan Riwayat Addauriy ‘an’ ‘Amru Albashori’_
Th 1969: orang pertama yg memiliki rekaman teori mengajar untuk para pengajar Alquran.
Th 1975 :orang pertama yang membaca Qur’an dengan teori pembacaan Mushaf Mufassir.
1977 orang pertama yg azan Zuhur di Markas PBB
Th 1978 orang pertama kali membaca Qur’an di Istana Kerajaan di London.
Orang pertama kali membaca Qur’an di  Gedung Putih dan gedung kongres Amerika.
Beliau _Rahimahullah_ wafat pada 24 November 1980 bakda Isya, setelah selama itu beliau melalang buana bersama Alquran Al-Karim kurang lebih lima puluh lima tahun.
Dan kita masih menikmati “pohon anggur”  dan tidak ada habisnya.
Semoga Allah mengampuni dosa beliau dan memberikan kita keturunan yg soleh dan selalu diberikan kekuatan Allah untuk mengamalkan apa yang dicintai Alloh dan di RidhoiNya.
Subhanallah Dzat Yang tidak Menghilangkan balasan bagi setiap yg berlaku ihsan (ikhlas dan itqon).
Seorang ayah yang menggelar tikar untuk masjid masjid sampai dijuluki al-hushoriy (pembuat tikar), sehingga Alloh menjaga suara emas putranya, yang senantiasa menggema di penjuru Dunia dengan nama Al Husory, sampai saat ini masih selalu terngiang di telinga kita nama tersebut, dari Barat sampai ke Timur.
Maka jangan pernah menganggap remeh setiap amalan yang engkau jadikan Allah sebagai Tujuannya.
Semoga Allah Merahmati Syeikh Mahmud Al-hushoriy dan Sang Ayah, seorang pria soleh, yang telah menyebarkan benih yang mulia tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai