Hiburan Bagi Yang Tertimpa Musibah

Rasulullah ﷺ bersabda, “ Tidaklah seorang muslim yang tertimpa gangguan berupa penyakit atau semacamnya, kecuali Allah akan menggugurkan bersama dengannya dosa-dosanya, sebagaimana pohon yang menggugurkan dedaunannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
“ Bencana senantiasa menimpa seorang mukmin dan mukminah pada dirinya, anaknya, dan hartanya sampai ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada kesalahan pada dirinya .” (HR. At Tirmidzi, dan beliau berkomentar, “Hasan shahih.”, Imam Ahmad, dan lainnya)
“ Sesungguhnya besarnya pahala itu berbanding lurus dengan besarnya ujian. Dan sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menguji mereka. Siapa yang ridha, baginya ridha(Nya), namun siapa yang murka, maka baginya kemurkaan(Nya). ” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Masih banyak lagi janji-janji menggiurkan lainnya yang tersebar di dalam Al Quran dan As Sunnah.
Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya
Hal lain yang seyogyanya diketahui oleh seorang muslim adalah tidaklah Allah menciptakan suatu penyakit kecuali Dia juga menciptakan penawarnya. Hal ini sebagaimana yang disabdakan Rasulullah ﷺ :
ﻣَﺎ ﺃَﻧْﺰَﻝَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺩَﺍﺀً ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻧْﺰَﻝَ ﻟَﻪُ ﺷِﻔَﺎﺀً
“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).
Imam Muslim ‘merekam’ sebuah hadits dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu , dari Rasulullah ﷺ, bahwasannya beliau bersabda,
ﻟِﻜُﻞِّ ﺩَﺍﺀٍ ﺩَﻭَﺍﺀُ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃُﺻِﻴْﺐَ ﺩَﻭَﺍﺀُ ﺍﻟﺪَّﺍﺀِ ﺑَﺮَﺃَ ﺑِﺈِﺫْﻥِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَ ﺟَﻞَّ
 “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat itu tepat untuk suatu penyakit, penyakit itu akan sembuh dengan seizin Allah ‘Azza wa Jalla.”
Kesembuhan Itu Hanya Datang dari Allah
Allah berfirman menceritakan kekasih-Nya, Ibrahim ‘alaihissalam ,
ﻭَ ﺇِﺫَﺍ ﻣَﺮِﺿْﺖُ ﻓَﻬُﻮَ ﻳَﺸْﻔِﻴْﻦِ
 “ Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku .” [QS Asy Syu’ara: 80]
Doa Untuk Meminta Kesembuhan Penyakit
*ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺃَﺫْﻫِﺐِ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱَ ﻭَﺍﺷْﻔِﻪُ ﻭﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻲ ﻻَ ﺷِﻔَﺂﺀَ ﺇِﻻَّ ﺷِﻔَﺎﺅُﻙَ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻻَ ﻳُﻐَﺎﺩِﺭُ ﺳَﻘَﻤًﺎ*
ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA ’SA WASY FIHU . WA ANTAS SYAAFI , LAA SYIFAA -A ILLA SYIFAAUKA , SYIFAA -AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA
Artinya : “ Wahai Allah Tuhan manusia , hilangkanlah rasa sakit ini , sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari -Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain” . ( HR Bukhari dan Muslim )
Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu , dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘ alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘ alaihi wa sallam berkata kepadanya: “ Letakkannlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu , lalu bacalah sebanyak tiga kali .
ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ
BISMILLAH
Artinya : “ Dengan menyebut nama Allah”
Lalu bacalah sebanyak tujuh kali :
*ﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﻌِﺰَّﺓِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﻗُﺪْﺭَﺗِﻪِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺃَﺟِﺪُ ﻭَﺃُﺣَﺎﺫِﺭُ*
A ’UUDZU BI ‘IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU
Artinya : “ Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan – Nya , dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan ” . ( HR. Muslim )

Mungkin Anda juga menyukai