Berpikir Sebelum Berbicara..

Oleh : Muhammad Sholeh Drehem, MA

Hikmah : QS: AT-TAUBAH: 65.

Ikhwah fillah,
Ada beberapa penyampaian dan sikap orang lain kepada kita yang tidak bisa kita lupakan. Ada yang positif, ada pula yang negatif…!

Karena itu, sangat penting untuk memilih kalimat kalimat positif dalam berbicara dan menulis, sebagaimana pentingnya memilih sikap sikap positif terhadap orang lain…

•Terkadang sikap santun yang sangat sederhana, sangat berkesan di hati orang lain, sehingga menjadi motivasi kesantunan yang luar biasa…
•Sebaliknya, terkadang satu kalimat kasar yang terucapkan atau tertuliskan, menyayat hati orang lain lalu mengakibatkan luka yang tak kunjung sembuh…!

Sikap, ucapan, tulisan, bahkan gambar/foto/meme/emoji itu memberi kesan positif atau negatif termasuk ketika bercanda dan atau tidak sengaja sekalipun.

Iman di hati memandu akal, lisan, tangan dan anggota tubuh untuk berpikir, berbicara, menulis dan bersikap sesuai tingkatan iman.
Ketika iman tidak memandu kepada kebaikan, itu indikasi iman yang sangat lemah…!

Sungguh…,membiasakan diri untuk berpikir imani sebelum bersikap, berbicara, menulis, bermedsos, sangat penting ditekuni secara istiqamah…!!!

JUM’AT MUBARAK…
Semoga Allah SWT menjaga lisan dan hati kita tuk selalu di jalanNYA…!

Mungkin Anda juga menyukai