Hikmah Dalam Persahabatan

Oleh : Musyaffa Ahmad Rahim, MA

Allah SWT berfirman:

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ    تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا

[الكهف: 28]

“Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini..” (Q.S. Al-Kahfi: 28)

Teman atau sahabat yang baik adalah seseorang yang jika engkau berteman atau bersahabat dengannya, engkau menjadi teringat kepada akhirat.

Teman atau sahabat yang baik merupakan “harta simpanan” yang sangat berguna, baik di dunia maupun di akhirat.

Kegunaannya di dunia diantaranya adalah bahwa dia membantu dan menolongmu untuk tsabat (teguh dan tegar) dalam menghadapi berbagai kesulitan.

Sedangkan kegunaannya di akhirat diantaranya adalah bahwa teman atau sahabat ini tetap mendo’akanmu dengan do’a yang baik, meskipun engkau sudah tiada.

Oleh karena itu, bersabarlah dalam membersamai mereka, dan janganlah kesabaranmu untuk membersamai mereka teralihkan atau terpalingkan oleh urusan remeh temeh dunia, baik dia itu berupa harta benda, atau jabatan, atau kedudukan, atau urusan remeh temeh dunia lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai